Rabu, 18 Januari 2017

Cara dan teknik-teknik sehat memijat refleksi


                           

Pada artikel yang sebelumnya penulis sudah menyajikan pengetahuan tentang mengenal refleksi dan titik-titik refleksi yang merupakan pengetahuan dasar dari pijat refleksi dan di bagian kali ini akan masuk pada materi mengenai cara melakukan pemijatan dan teknik dalam memijat refleksi,penulis sendiri merupakan salah satu yang berkesempatan untuk mendapatkan pengalaman serta pengetahuan bagaimana cara dan teknik-teknik dalam memijat refleksi pada tubuh dan pengetahuan lainnya yang berkaitan dengan refleksi, maka daripada itu penulis tertarik untuk membagi pengetahuan tersebut.

Penulis akan membagi pengetahuan ini dalam dua bagian,bagian pertama membahas tentang langkah-langkah pemijatan yang meliputi persiapan dan pemanasan sebelum melakukan pemijatan, lalu kemudian mengenai cara-cara dan teknik memijat refleksi disertai dengan gambar-gambar ilustrasi yang menjadi panduan selain penjelasan dari penulis. Berikut adalah sajian dari penulis



Langkah-langkah melakukan pemijatan



Persiapan


Pada saat akan melakukan pemijatan baik itu posisi tidur tengkurap maupun posisi duduk,yang harus dipersiapkan adalah kursi, 2 handuk kecil,body lotion atau minyak untuk pijat juga diperbolehkan, kursi diperlukan saat pemijatan pada bagian kaki atau tangan,sedangkan handuk diperlukan untuk membersihkan bodylotion atau minyak apabila telah selesai pemijatan dan bodylotion atau minyak untuk pijat dibutuhkan dalam melakukan pemijatan.



Pemanasan


Pertama sekali hal yang harus dilakukan sebelum memijat baik itu memijat orang lain maupun memijat sendiri di rumah adalah melakukan pemanasan yang dimulai dari bagian kaki meliputi kaki bagian dalam kemudian kaki bagian luar,yang terdiri dari  jari-jari kaki,tumit kaki,punggung kaki,sela-sela jari kaki,sisi kanan dan sisi kiri kaki bagian atas dan bagian bawah.
 
Pemanasan untuk jari-jari kaki dengan cara memegang ke lima jari tersebut pada kaki kanan dan kiri lalu lakukan rotasi pemutaran dari kanan sampai ke kiri berikan dorongan ke arah depan saat pemutaran tepat berada di bagian tengah dan tekan ke belakang saat pemutaran tepat pada bagian belakang. Untuk sela-sela jari, apit jari kaki yang ingin dilakukan pemanasan dengan jari telunjuk dan jari tengah tangan kemudian gunakan sisi tulang sebelah kiri yang berada di dekat kuku pada jari telunjuk untuk melakukan pemanasan dimulai dengan memijat dari bawah kemudian ke atas secara perlahan dengan menitikberatkan pada tenaga sebanyak 5 kali.

Untuk pemanasan pada kaki bagian dalam yaitu daerah tumit dan lainnya adalah dengan menggunakan tangan, cara melakukannya dengan memukul bagian tersebut secara perlahan dengan tangan yang terkepal sebanyak 5 kali kemudian menekan dengan tulang yang digunakan apabila kita ingin mengetuk pintu sebanyak 5 kali.

Setelah selesai maka lanjutkan ke bagian paha sebelah kanan dan kiri meliputi sisi-sisi paha dan paha bagian dalam dengan cara menggunakan kedua telapak tangan,untuk bagian paha cukup memijat dengan menggunakan telapak tangan yaitu dengan menekan bagian paha dalam sedangkan untuk sisi-sisi paha dengan kepalan tangan secara perlahan.

Kemudian lanjutkan bagian badan yaitu punggung meliputi punggung bagian atas dan bawah untuk punggung bagian bawah lakukan pemijatan halus karena bagian tersebut terdapat perut jangan sekali-kali memijat perut,kemudian kedua tangan baik bagian dalam maupun luar,jari-jari,sela-sela jari,telapak tangan,kemudian bahu kanan dan kiri dengan cara dan teknik pemanasan serta hitungan yang sama seperti yang telah dijelaskan diatas.   



Catatan:


1. Disarankan apabila ingin melakukan pemijatan pada orang lain harus laki-laki dengan laki-laki dan perempuan dengan perempuan

2. Jangan memijat bagian depan tubuh

3. Pijat bagian punggung bawah secara halus dan perlahan

4. Jangan pijat sisi-sisi punggung karena bisa terkena bagian perut

5. Pemanasan hanya berkisar 5 sampai 7 menit

6. Pemijatan dilakukan 20 menit sampai 1,5 jam




Pemijatan


Langkah awal sebelum mulai memijat adalah dengan menempatkan handuk kecil ke dua bagian kaki kemudian mengoleskan bodylotion atau bisa juga menggunakan minyak khusus untuk pijat lalu mulai dari daerah telapak kaki,kemudian lakukan pemijatan awal pada bagian yang telah diberi bodylotion cara melakukan pemijatan dan teknik pemijatan yang umum adalah menggunakan tangan yaitu dengan menggunakan ibu jari namun jari-jari lainnya juga diperlukan untuk teknik dan pada bagian tertentu.



                                       
                                         Gambar: Cara memijat pada telapak kaki


Lakukan pemijatan dengan ibu jari pada telapak kaki dari bawah ke atas sebanyak 8 kali dengan menitikberatkan pada tenaga ibu jari,memijat pada titik-titik refleksi yang di artikel sebelumnya telah penulis bagikan menjadi bagian utama pada tahap ini karena dari memijat pada titik-titik itulah kita akan merasakan efek dan manfaat yang di dapat dari pijat refleksi baik saat dilakukan pemijatan atau setelah selesai, juga dari titik tersebut kita dapat mengetahui bahwa apakah orang yang di pijat terdapat gejala-gejala penyakit tertentu atau tidak misalnya sakit kepala,sakit gigi,maag dan lain sebagainya. Efek pertama yang dirasakan apabila dipijat di titik-titik tersebut adalah kesegaran, ketenangan,kelapangan dan biasannya kita akan mengantuk dan segera tertidur apabila selesai dipijat setelah terbangun maka kita akan merasa kembali bersemangat dan dalam suasana hati yang baik.

Kembali ke cara pemijatan,untuk sisi-sisi telapak kaki juga menggunakan ibu jari tetapi untuk jari-jari kaki menggunakan tulang ibu jari ditekan hingga terasa efeknya, lalu naik ke bagian betis,oleskan bodylotion atau minyak pijat pada betis cara pemijatan juga dengan menggunakan ibu jari namun untuk memijat sisi-sisi betis dengan memegang betis dengan jari telunjuk dan ibu jari kemudian pijat dari bawah lalu ke atas lakukan hal demikian dengan betis sebelah satunya lagi,setelah selesai memijat di bagian ini segera bersihkan lotion yang ada pada telapak kaki dengan handuk kemudian tutup telapak kaki dengan handuk tersebut.




                                         Gambar: Cara memijat punggung bagian bawah


Lalu naik ke bagian punggung,seperti halnya pada bagian yang sudah dilakukan pemijatan maka oleskan juga bodylotion atau minyak khusus pijat pada bagian punggung,cara pemijatan untuk punggung bagian bawah dengan ibu jari secara perlahan dan halus, kemudian untuk bagian atas dengan kedua telapak tangan dengan cara pijat ditekan kedalam demikian juga halnya dengan sisi-sisi punggung,jika sudah selesai memijat di bagian ini segera bersihkan lotion yang ada pada bagian betis kemudian tutup dengan handuk tersebut.




                                            Gambar: Cara memijat punggung bagian atas



Selanjutnya kedua tangan,nah jika untuk tangan terdapat lebih dari satu cara pemijatan boleh dengan menggunakan telapak tangan kemudian ditekan,boleh dengan telapak tangan dengan cara dipijat,boleh juga dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk dengan cara memegang tangan tersebut, atau dengan kedua ibu jari dengan menggunakan tenaga ibu jari dan jangan lupa untuk mengoleskan bodylotion.

Setelah selesai memijat di bagian ini segera bersihkan lotion yang ada pada punggung dengan handuk lain kemudian tutup dengan handuk tersebut. Terakhir bagian kepala, tidak perlu menggunakan lotion atau minyak untuk pemijatan pada kepala namun jika ingin cukup mengoleskan sedikit saja pada tangan lalu lakukan pemijatan dengan telapak tangan.


Selesai


Penulis telah merangkum secara lengkap dasar-dasar cara dan teknik pemijatan refleksi yang memang cukup panjang karena ini adalah materi praktik maka penulis menyajikan dengan serius agar tidak ada satupun yang tertingal maupun terlupa,namun ini hanyalah dasar saja masih banyak dan luas lagi pengetahuan mengenai refleksi diluar sana yang penulis tidak ketahui tetapi semoga berguna dan bermanfaat. Kunjungi terus Kanaha untuk informasi yang bermanfaat.














ARTKEL TERKAIT



Tidak ada komentar:

Posting Komentar