Minggu, 15 Januari 2017

GPNVG 18, perangkat yang memungkinkan pengguna seperti melihat dengan 4 mata


                                                 Gambar: GPNVG 18


Sebelum mulai membahas tentang apakah GPNVG 18 itu sendiri penulis akan memulai dengan penjelasan terlebih dahulu apakah itu NVG atau Night Vision Goggles lalu setelah itu akan dijelaskan tentang apakah perangkat GPNVG 18,kegunaan GPNVG 18, spesifikasi GPNVG 18 dan berbagai hal penting lainnya yang akan disajikan satu persatu.

Dimulai dengan NVG/Night Vision Goggles atau teropong penglihatan malam adalah sebuah alat obeservasi malam hari yang memungkinkan pengguna untuk melihat dengan jelas baik itu makhluk hidup maupun benda pada keadaan kegelapan total atau gelap gulita di malam hari,teropong penglihatan malam ini apabila digunakan umumnya akan terlihat seperti bernuansa hijau, namun juga bisa menampilkan gambar thermal atau thermal imaging dan dapat juga berbentuk monokrom,jika lensa teropong diganti dengan lensa thermal atau dengan lensa monokrom sesuai dengan situasi. Perangkat ini biasa digunakan oleh pihak militer dan badan penegak hukum namun juga dijual untuk warga sipil.

Tenang,penulis akan menjelaskan apa yang disebut gambar thermal atau thermal imaging dan apa itu gambar monokrom. Thermografi inframerah adalah kamera thermografi bisa mendeteksi radiasi inframerah dari kejauhan melalui spektrum elektromagnetik sekitar  9 sampai 14 meter dan menghasilkan gambar radiasi yang disebut termogram. Termografi memungkinkan seorang pengguna untuk melihat beragam variasi suhu baik manusia,lalu hewan yang memiliki suhu panas tubuh akan menjadi mudah terlihat pada waktu siang atau malam hari,jika dilihat melalui kamera maka gambar yang terlihat disebut gambar thermal atau thermal imaging, jadi apabila manusia, kemudian hewan dan benda-benda yang memiliki suhu hangat maupun panas akan terlihat sangat jelas daripada yang memiliki suhu dingin jika teropong penglihatan malam menggunakan lensa ini. 

Termografi memiliki sejarah yang panjang, meskipun penggunaannya telah meningkat secara dramatis dengan penggunaan secara komersial maupun industri selama lima puluh tahun terakhir,petugas pemadam kebakaran menggunakan termografi untuk menembus asap yang pekat saat menjalankan tugas pemadaman,untuk menemukan orang dan untuk memperkecil sumber api. Teknisi pemeliharaan menggunakan termografi untuk mencari simpul yang memiliki suhu terlalu panas dari bagian saluran listrik dan untuk meningkatkan efisiensi pemanasan dari pendingin ruangan atau Air Conditioner.




                                         Gambar: Gambar thermal dari seekor kucing




Sekarang beralih ke hal-hal yang terkait dengan monokrom,monokrom adalah lukisan,gambar,desain ataupun foto yang memiliki warna terbatas atau hanya memiliki satu warna saja yaitu warna abu-abu dengan warna hitam atau warna putih. Untuk gambar,istilah monokrom biasanya diartikan sama dengan warna hitam dan warna putih atau tanpa warna begitu juga dalam hal fotografi dan film yang juga dengan menggunakan warna hitam dan putih. Berikut adalah contoh dari gambar monokrom.




                                                   Gambar: Gambar monokrom seekor burung



Perangkat NVG ini biasa digunakan oleh pihak militer dan badan penegak hukum namun juga dijual untuk warga sipil,teropong penglihatan malam hari ini biasanya ada pada dalam komponen yang lengkap, termasuk tabung image intensifier, sebuah tempat pengaman yang umumnya tahan terhadap air, tabung image intensifier merupakan sekumpulan lensa yang dipasang dalam tabung vakum dan memiliki kemampuan untuk menyesuaikan ke berbagai tingkat kecerahan cahaya, termasuk memperbesar cahaya yang masuk pada saat gelap. NVG biasanya dibagi dalam beberapa generasi sesuai dengan pengembangan teknologi yang melibatkan image intensifier (IIT).

IIT generasi pertama biasanya terlalu sensitif dan tidak mampu untuk menekan cahaya yang sangat intens secara mendadak seperti cahaya petir atau semburan cahaya tembakan yang bisa menyebabkan kebutaan pada mata penggunanya dan beberapa komponen untuk sistem pemasangan, teknologi ini telah berkembang dengan pesat sejak pertama diperkenalkan, yang memiliki beberapa generasi turunan dalam peralatan teropong malam dengan peningkatan kualitas serta kinerja dan harga persatuan cenderung menurun. Yang menjadikan perangkat ini digunakan oleh beragam pengguna baik pemadam kebakaran,teknisi bangunan,seorang penembak,pengemudi maupun penerbang sekalipun. 

Itulah pembahasan sekilas mengenai NVG atau teropong penglihatan malam hari, sekarang penulis akan mulai membahas apa itu GPNVG 18?.

GPNVG atau Ground Panoramic Night Vision Goggles adalah sebuah teropong penglihatan malam yang digunakan untuk operasi milter di darat. GPNVG 18 memang istimewa tidak hanya dalam bentuk tetapi juga dalam kemampuan,jika teropong malam konvensional hanya terdiri dari satu lensa tunggal dengan satu atau dua kotak mata pengguna teropong penglihatan malam hari yang satu ini mempunyai empat lensa dan empat kotak mata untuk pengguna sekaligus yang diaplikasikan dalam satu set GPNVG 18. Keempat lensa tersebut adalah lensa penglihatan malam,lensa thermal, lensa monokrom dan lensa teropong biasa.

Teropong penglihatan malam ini terdiri dari dua bagian teropong yang dijadikan satu yang masing-masing teropong memiliki dua tabung image intensifier tube (IIT), dua tabung menghadap lurus ke arah depan sementara tabung yang berada di sebelah kanan dan sebelah kiri terpasang menyudut kearah luar,hanya dibutuhkan empat baterai dari standar industri maka terpong penglihatan malam hari ini siap untuk digunakan selama 30 jam.



Spesifikasi GPNVG 18


Pabrikan: Insight Technology

Dimensi: 5,625 x8,5 x3,75 inci

Ketahanan terhadap air: Kedalaman satu meter selama dua jam

Daya: Baterai 4x 3V CR123A

Bidang Penglihatan: 97 derajat

Jenis IIT: 4x 18 mm MX-10160

Resolusi: 64 lp/mm




                                         Gambar: GPNVG 18 


Demikianlah pembahasan terkait teropong penglihatan malam yang GPNVG 18 yang dapat penulis sajikan untuk saat ini semoga berguna dan memiliki manfaat dan pastikan anda terus mengunjungi Kanaha untuk informasi-informasi yang bermanfaat.



Sumber:    1. Wikipedia
                 2.  Dari berbagai sumber
                 3.  Majalah info kemiliteran dan kepolisian "Commando" Edisi 4 volume XI Tahun 2015




ARTKEL TERKAIT



Tidak ada komentar:

Posting Komentar